Istighfar, Pembatas Semua Kebajikan Almanhaj

OlehUstadz Abu Isma’il Muslim Al-Atsari

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengungkapkan, “Seorang hamba berkelanjutan berada (batin (hati) ganda bab adalah-red) berada batin (hati) (samudera -red) nikmat Allâh Subhanahu wa Ta’ala yg urgen ia syukuri; dengan (maupun-red) berada dalam (gelimangan-red) kesalahan yg perlu ia istighfari (mohonkan ampun). Dua perkara ini (syukur lagi istighfar-pent) terdaftar perkara yang (wajib ) terus erat dalam pribadi seorang hamba, lantaran dirinya selalu bergelimang beraneka lezat bermula Allâh Azza wa Jalla , lalu dirinya juga terus perlu bertaubat beserta istighfar” [Majmû’ Fatâwâ, 10/88]

ISTIGHFAR NABIOleh karena itu komisaris semua manusia, imam seluruh badan-perseorangan yang bertakwa, berkelanjutan beristighfâr di berisi semua keadaannya.

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

وَاللَّهِ إِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِى الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً

Demi Allâh, bahwasanya aku beristighfârdan bertaubat pada Allâh lebih pada, 70 bengawan dalam sehari.” [HR. Bukhâri, no. 6307]

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda :

إِنَّهُ لَيُغَانُ عَلَى قَلْبِى وَإِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ فِى الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ

Sesungguhnya hatiku sesekali privat, dan kami benar-benar beristighfâr kepada Allâh 100 batang air berbobot sehari”. [HR. Muslim]

Bahkan sebagian sahabat pernah membilang istighfâr Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam di berbobot satu majlis sampai 100 kali.

عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ كَانَ يُعَدُّ لِرَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى الْمَجْلِسِ الْوَاحِدِ مِائَةُ مَرَّةٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَقُومَ : رَبِّ اغْفِرْ لِى وَتُبْ عَلَىَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُور

Dari Nâfi’ Radhiyallahu anhu berawal Ibnu Umar Radhiyallahu anhuma, ia berkata : “Dalam satu majlis Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , pagi buta dia bangun (membiarkan majlis), pernah tergolong seratus kali ia membunyikan:

رَبِّ اغْفِرْ لِى وَتُبْ عَلَىَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُور

(Wahai Rabbku, ampunilah dosaku, lagi terimalah taubatku, bahwasanya Engkau merupakan Maha Pemberi taubat bersama Maha Pengampun). [HR. Tirmidzi, Abu Dâwud, lalu Ibnu Mâjah]
US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US
Kalau Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam cuma beristighfâr bagai itu, maka kita lebih benar-benar memerlukan istighfar. Lantaran seluruh maksiat dia Shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah pernah diampuni sang Allâh Subhanahu wa Ta’ala , temporer maksiat saya tidak ada jaminan maaf. Oleh karena itu, mari saya memperbanyak istighfâr batin (hati) berharap maaf Allâh Azza wa Jalla bersama meneladani imam pribadi-diri yang bertakwa yakni Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Allâh berfirman :

إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا ﴿١﴾ لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطًا مُسْتَقِيمًا

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang konkret [ialah perdamaian Hudaibiyah], Supaya Allâh memberi maaf kepadamu sekitar dosamu yg telah selanjutnya beserta yang kemudian dan melengkapi nikmat-Nya atasmu lalu menakhodai kau pada cara yang lurus. [Al-Fath/48: 1-2]

Lantaran istighfâr merupakan hajat gawat jatah insan, dan sampai-sampai tak kaku jika Allâh Azza wa Jalla beserta Rasul-Nya mensyari’atkan menutup beragam kearifan lagi istighfâr.

ISTIGHFAR SETELAH SELESAI MENUNAIKAN SHALAT MALAMAllâh Azza wa Jalla berfirman memberitakan prilaku-kepribadian pribadi-orang yg bertakwa :

الَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا إِنَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ﴿١٦﴾الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

(Yaitu) diri-diri yg berdoa : “Ya Rabb Kami, sesungguhnya kami sudah pernah berkepercayaan, dan sampai-sampai ampunilah segala syirik awak beserta peliharalah kami pada, penindasan neraka,” (Yaitu) pribadi-perseorangan yg sabar, yang betul, yang daim tunduk, yang menafkahkan hartanya (di kiat Allâh), dan yang berharap ampun di periode sahur [sahur: waktu mula fajar menyingsing mendekati shubuh]. [Ali ‘Imrân/tiga: 16-17]

Dalam pasal lain, Allâh Azza wa Jalla berfirman :

إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَٰلِكَ مُحْسِنِينَ﴿١٦﴾كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ﴿١٧﴾وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ﴿١٨﴾وَفِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ

Sesungguhnya mereka (perseorangan-badan yang bertakwa) sebelum itu di dunia artinya diri-badan yg berbuat kebaikan. Dahulu di dunia mereka dikit terlalu tidur diwaktu malam. Dan berkelanjutan berharap maaf pada termin sahur (akhir petang pagi buta subuh). Dan dalam arta-arta mereka ada properti bagi diri miskin yang membujuk beserta pribadi miskin yang tak menerima satuan [maksudnya yakni diri miskin yang tak mempersilakan-minta]. [adz-Dzâriyât/51: 16-19]

Sebagian Ulama mengungkapkan, “Mereka mencocokkan malam lalu shalat, ketikawaktu sahur (akhir petang mula pagi buta) mereka diperintahkan istighfâr”. [Majmû’ Fatâwâ, 10/88]

ISTIGHFAR SETELAH MENUNAIKAN SHALATShalat artinya kebajikan yang paling dominan setelah syahâdatain (kembar syahadat). Dalam pelaksanaan ibadah shalat harus menyempurnakan syarat-syarat, rukun-sejahtera, beserta kewajiban-kewajibannya. Lebih paripurna lalu bila dipenuhi ayat-ayat yg disunahkan di batin (hati) shalat. Namun siapakah yang yakin bahwa dirinya sudah pernah melangsungkan semua itu berisi shalatnya ? Oleh karenanya, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menaruh asuhan dengan membaca istighfâr 3 batang air sehabis nyaman berawal shalat wajibnya, begitu juga diriwayatkan batin (hati) hadits selaku sesudah itu :

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا انْصَرَفَ مِنْ صَلَاتِهِ اسْتَغْفَرَ ثَلَاثًا وَقَالَ اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ قَالَ الْوَلِيدُ فَقُلْتُ لِلْأَوْزَاعِيِّ كَيْفَ الْاسْتِغْفَارُ قَالَ تَقُولُ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ

Dari Tsaubân Radhiyallahu anhu dia mengungkapkan: “Bila Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam stop membanding shalat, sira Shallallahu ‘alaihi wa sallam beristighfâr (meminta pembebasan) 3 kali dengan memanjatkan pujian(Tuhan) :

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

(Ya Allâh, Engkau ialah Dzat yang membantu keceriaan, bersama pada,-Mulah semua kegembiraan, Maha Besar Engkau duhai Dzat Pemilik keagungan dengan kemuliaan.”Walid mengatakan, “Aku pertanyaan pada al-Auzâ’i, ‘Bagaimana (cara) beristighfâr (mempersilakan ampunan)?’, Dia tangkis: ‘Engkau baca : أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ”[HR. Muslim, no. 591; Abu Dâwud, no. 1513; Nasâ’i, no. 1337; Ibnu Mâjah, no. 928; Tirmidzi, no. 300]

Inilah yg dituntunkan sang Nabi saya, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaituberistighfâr selepas rampung shalat.

Tetapi kita tengok sekitar rombongan Muslimin pada zaman ini, seperti itu selesai menunaikan shalat, mereka langsung mengajak berjabat tangan pribadi-perseorangan pada samping daksina bersama kirinya, yakin ini menyelisihi sunah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ini.

Sementara sejumlah lainnya, begitu rampung rukun berawal shalat, eksklusif melakukan sujud syukur, tentu ini jua menyilisihi sunah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ini.

Hendaklah saya selalu hirau, maka sebaik-apik haluan yaitu kompas Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam .

ISTIGHFAR SETELAH SELESAI MENUNAIKAN IBADAH HAJIBukan melulu pada penutup shalat, ternyata istighfâr jua disyari’atkan pada penutup melaksanakan ibadah haji. Allâh Azza wa Jalla berfirman :